Perencanaan pendidikan jenjang menengah pertama dilakukan setiap satuan pendidikan jenjang menengah seperti SMP PGRI 2 Ciparay dalam menentukan kegiatan atau kebijakan dalam pelaksanaan pendidikannya. Penelitian ini membahas tentang desain perencanaan pendidikan di level SMP/Jenjang SMP di SMP PGRI 2 Ciparay agar peneliti mengetahui gambaran tersebut. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui fungsi dari perencanaan pendidikan di SMP PGRI 2 Ciparay yang tertuang dalam RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) sebagai desain atau landasan dalam melaksanakan proses pendidikan di SMP PGRI 2 Ciparay. Perencanaan merupakan sejumlah aktivitas yang telah ditetapkan sebelum untuk dilakukannya pada suatu masa tertentu dalam sketsa mencapai tujuan yang ditentukan. Perencanaan berdasarkan Bintoro Tjokroaminoto dalam Husaini (2008) merupakan proses mengonsep kegiatan-kegiatan secara terstruktur yang akan dilaksanakan guna tercapai dari tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan penelitian terkait masalah yang dibahas. Metode kualitatif merupakan tahap-tahap dalam penelitian untuk menghasilkan informasi atau data deskriptif berupa gambar dan kata-kata. Desain perencanaan kegiatan pendidikan di SMP PGRI 2 Ciparay yang termuat dalam RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) memuat tentang rencana satuan pendidikan untuk menjalankan proses kegiatan pendidikan di SMP PGRI 2 Ciparay. RKJM mempunyai andil dalam peta proses pelaksanaan pendidikan yang telah berisi mulai dari standar kelulusan, standar isi, standar tenaga pendidik, standar pengelolaan, standar pembiyaan, standar proses, standar penilaian, dan standar sarana dan prasarana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023