Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 3 (2023)

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER): Sebuah Studi Eksperimen

Siagian, Dinda Syahra (Unknown)
Hasibuan, Ismail Mulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis (KKM) antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dengan desain quasy exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah  Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik tes menggunakan instrumen soal tes KKM serta teknik observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa.  Berdasarkan hasil analisis data posttest dengan menggunakan uji-t diperoleh . Akibatnya  dengan  Oleh karena itu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model MURDER dan siswa yang belajar  dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...