Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 3 (2023)

Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Padlet pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP/MTs Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Sutra Kasih (Universitas Riau)
Syarifah Nur Siregar (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi himpunan yang valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VII SMP/MTs dengan berbantuan aplikasi Padlet untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari uji coba kelompok kecil yakni 6 orang siswa dan uji coba kelompok besar terdiri dari 24 siswa, uji coba yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dilakukan mengingat wabah pandemi Covid sudah meredah dan proses belajar mengajar sudah kembali normal serta diharapkan penelitian ini lebih efektif dalam melihat KPMM peserta didik kelas VII SMPN 1 Kuok. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan rata- rata 92,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan bahan ajar pada uji kelompok kecil adalah 90,5% dengan kategori sangat praktis serta rata-rata praktikalitas uji kelompok besar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika pada materi himpunan serta dapat memfasilitasi KPMM peserta didik dilihat dari hasil kerja dari uji kompetensi setiap subbab materi himpunan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...