Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan sebuah Modul Literasi Digital Pemasaran yang mudah dipahami dan digunakan oleh perempuan prasejahtera pelaku usaha mikro dan kecil sebagai target utamanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) yang memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini ialah Modul Literasi Digital Pemasaran yang telah dikembangkan terbukti efektif dan praktis. Fasilitator memberikan skor rata-rata sebesar 3,8, menunjukkan respon positif terhadap modul ini. Sementara peserta memberikan skor rata-rata sebesar 3,48, yang sejalan dengan peningkatan nilai post-test peserta dari 77,5 menjadi 90,5. Temuan ini menunjukkan perubahan dan kemajuan signifikan setelah menggunakan modul dalam pelatihan. Adapun pandangan dan pengalaman perempuan yang menjalankan usaha mikro dan kecil, sebagaimana yang terungkap dalam penelitian ini, menyoroti pentingnya menciptakan modul literasi digital pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pengetahuan mereka. Selain itu, diperlukan juga dukungan teknis yang memadai untuk mengatasi berbagai kendala teknis yang mungkin muncul.Kata Kunci: Literasi Digital Pemasaran, Pengembangan Modul, Perempuan Prasejahtera, Usaha Mikro dan Kecil
Copyrights © 2023