Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023

Implementasi Marketing Public Relations PT Gojek Dalam Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer

Muhammad Fajri Aditiansyah (UNIVERSITAS PROF.DR.MOESTOPO (BERAGAMA), Jakarta Pusat, Indonesia)
Rialdo Rezeky MLT (UNIVERSITAS PROF.DR.MOESTOPO (BERAGAMA), Jakarta Pusat, Indonesia)
Radja Erland Hamzah (UNIVERSITAS PROF.DR.MOESTOPO (BERAGAMA), Jakarta Pusat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Fenomena pemakaian digital dalam kehidupan  manusia di  Revolusi  Industri 4.0 semakin meningkat tajam, salah satunya terciptanya aplikasi financial technology Gopay yang merupakan milik perusahaan PT. Gojek. Perusahaan transportasi online ini menciptakan aplikasi GoPay sebagai alat pembayaran konsumen untuk berbagai kebutuhan. Keberhasilan aplikasi GoPay hingga dapat diterima masyarakat luas dikarenakan adanya peran marketing public relations. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk Marketing Public Relations PT Gojek dalam mengimplementasikan Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer. Penelitian ini menggunakan teori marketing public relations dan konsep PENCIL untuk mengulas Marketing Public Relations PT Gojek dalam mengimplementasikan penggunaan aplikasi Gopay. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme, jenis penelitian deskriptif, dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa alasan marketing public relations mempromosikan aplikasi GoPay dikarenakan masyarakat saat ini ingin melakukan segala aktivitas secara praktis dan simple seperti aktivitas untuk pembayaran apa pun tanpa biaya yang besar. Kemudian, konsep PENCIL (publications, events, news, community involvement, inform, social responsibility, lobyying) telah diterapkan dengan baik oleh humas PT Gojek didalam penggunaan aplikasi GoPay.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Humaniora

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...