Guru memiliki tugas profesional sesuai dengan tugas poko dan fungsinya. Membuat perencanaan pembelajaran merupakan tugas awal kemudian diakhiri dengan penilaiannya. Salah satu aspek yang harus disiapkan guru sebelum mengajar adalah mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar termasuk salah satu aspek dalam instrumental input dari sistem pembelajaran yang memegang peran penting untuk memperlancar proses dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Namun, berdasarkan pengalaman di lapangan, literasi digital guru belum merata, apalagi harus menggunakan atau mengembangkan bahan ajar berbasis TIK atau bahan ajar digital, pengolahan nilai, administrasi siswa, bahkan sampai membuat multimedia interaktif. Hal ini terjadi terutama di daerah yang akses TIK nya dan kesempatan memperoleh pelatihan-pelatihan masih terbatas, seperti di luar kota. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dan kesempatan guru untuk dapat mengembangkan kemampuan dirinya, selain kesempatan untuk memperoleh pelatihan pada bidangnya yang juga masih terbatas. Oleh karena itu, dalam rangka turut serta meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan bahan ajar digital, kami mengajukan kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan guru-guru mampu mengembangkan bahan ajar digital, mengintegrasikan tekmologi dalam pembelajaran dan dapat memanfaatkan teknologi untuk kepentingan akademik dan administrasi di sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan, praktek pembuatan media, diskusi dan proyek. Luaran kegiatan ini adalah guru dapat menghasilkan bahan ajar digital dan mengintegrasikan tekmologi dalam pembelajaran, dan dapat memanfaatkan teknologi untuk kepentingan akademik dan administrasi.
Copyrights © 2023