Abstrak Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berpikir. Kemampuan kognitif ini berkembang secara bertahap, sejalan dengan perkembangan fisik dan syaraf- syaraf yang berada di pusat susunan, proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi) yang menandai seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide belajar. Fun Thinkers Books dapat dikenalkan dan dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini. Dengan media Fun Thinkers Book anak dapat belajar tentang bentuk, ukuran, warna dan fungsinya. Jenis penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media Fun Thinkers Book pada anak kelompok B di TK Giri Wangi . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Rubrik untuk perekaman data mengenai kemampuan kognitif anak selama proses pembelajaran, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif melalui media Fun Thinkers Books, pada observasi awal, ketuntasan kemampuan kognitif anak sebanyak 1 anak ( 6.67%), pada Siklus I mencapai 7 anak (46.66%), dan pada Siklus II mencapai sebanyak 13 anak ( 86.66%). Dapat dikatakan, media Fun Thinkers Books sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatan kemampuan kognitif anak Kelompok B di TK Giri Wangi.
Copyrights © 2023