Abstrak: Kota Pekanbaru yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Provinsi Riau inimenyebabkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru harus membuat suatuterobosan berupa aplikasi layanan tunggu yaitu suatu layanan adminisrasi kependudukan yangdapat diakses melalui komputer maupun smartphone untuk memudahkan dalam prosespelayanan yang dilakukan dan dalam sistem antrian agar dapat berjalan dengan baik. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi e government melaluiAplikasi Layanan Tunggu dalam meningkatkan kualitas peIayanan administrasi kependudukandi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Teori yang digunakan dalampenelitian ini adalah Implementasi menurut Alter (2002). Metode penelitian dalam penulisan inimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa implementasi e government melalui aplikasi layanan tunggu sudah dinilaiberhasil dalam meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan kartu tanda penduduk di DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Namun masih perlu dilakukanpeningkatan terhadap penerapan aplikasi LAGU. Kesimpulan penelitian ini yaitu upaya yangdilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut yaitumemperluas jaringan dan memberikan sosialisasi secara terus-menerus dan menyeluruh kepadamasyarakat.Kata Kunci : Transformasi Digital; E Government; Aplikasi Layanan Tunggu.
Copyrights © 2023