EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Penggunaan Google Docs

Desiana Natalia (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Yuliana TB Tacoh (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi penggunaan Google Docs, mata pelajaran bimbingan TIK, kelas VIII, SMP Negeri 8 salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian True Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode demonstrasi dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakukan dengan metode konvensional dengan jumlah masing-masing 31 siswa. Teknik analisis pengujian menggunakan Uji-t dengan program SPSS, dari hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi 2-tailed 0,000 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan diperoleh nilai thitung 8,103 dan ttabel 2,000 terbukti jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan metode demonstrasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...