EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Deby Aprilita Utama (Universitas Negeri Padang)
Marlina Marlina (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka bagi anak berkebutuhan khusus di SLB se-Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SLB se-Provinsi Sumatera Barat, dengan subjek kepala sekolah dan guru SLB penggerak angkatan 1 dan 2 yang berjumlah 9 SLB dengn 9 orang kepala sekolah dan 56 orang guru. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket.  Penelitian ini menggunakan uji validitas expert judgement, uji product moment. dan uji reabilitas  yang menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan aplikasi SPSS. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistic deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88,9 % kepala sekolah SLB penggerak angkatan 1 dan 2 menyatakan implementasi kurikulum merdeka dengan kategori sesuai, 11,1% berada pada kategori cukup sesuai, sedangkan 66,1% guru SLB penggerak angkatan 1 dan menyatakan implemetasi kurikulum merdeka bagi anak berkebutuhan khusus dengan kategori sesuai, 33,9% berada pada kategori cukup sesuai. Implementasi Kurikulum Merdeka bagi anak berkebutuhan khusus  di SLB se-Provinsi Sumatera Barat dalam kategori sesuai dengan yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudritek.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...