EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Persepsi Mahasiswa Politeknik dalam Menggunakan Google Classroom dan Quizizz Pascapandemi Covid-19

Rizqi Aji Pratama (Politeknik Manufaktur Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Pemanfaatan gawai dan aplikasi menjadi salah satu solusi untuk melaksanakan pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 terjadi. Google Classroom dan Quizizz menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pada masa tersebut dan memiliki kelebihan dibanding aplikasi lain. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam perkuliahan Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan kedua aplikasi tersebut saat pascapandemi Covid-19. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa 68 mahasiswa politeknik tentang penggunaan Google Classroom dan Quizizz di perkuliahan Bahasa Indonesia. Kuesioner tertutup dan terbuka serta wawancara terbatas pada 9 mahasiswa digunakan sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian didapatkan dengan triangulasi berdasarkan data-data yang dikumpulkan dengan 3 teknik pengambilan data tersebut. Berdasarkan aspek kemudahan, kesesuaian, keterlibatan, dan refleksi diri, sebagian besar mahasiswa politeknik menyatakan kedua aplikasi tersebut dapat digunakan di perkuliahan pascapandemi Covid-19 dengan beberapa kelebihan, antara lain meningkatkan pemahaman, konsentrasi, dan interaksi; menghemat waktu dan biaya; dan meningkatkan minat, motivasi, dan sikap positif berbahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...