EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Aspek-Aspek Pendidikan dalam Surah Al-Kahfi Ayat 46

Kun Hidayat (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Shinta Ledia (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Djamaluddin Prawironegoro (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Beberapa penyikapan salah oleh muslin dalam memahami beberapa kebutuhan dalam dunia pendidikan. Pemahaman yang salah sebagaimana menyikapi harta dalam pendidikan dan pemahaman yang salah akan sikap menjalankan pendidikan secara tidak sebagaimana mestinya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis aspek-aspek pendidikan dalam surah Al-Kahfi ayat 46. Metode dalam penelitian in menggunakan jenis kualitatif, pendekatan kepustakaan, menganalisis berbagai literatur seputar surah Al-Kahfi ayat 46 seperti kajian mufrodah, tafsir, dan munasabahnya guna mengkontekstualisasikannya dengan teori-teori dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan memerlukan materi atau harta, keberadaan dan keberlanjutan peserta didik, pendidikan yang baik dan berkelanjutan. Harta yang baik dalam ruang lingkup pendidikan merupakan sarana mencapai tujuan pendidikan, bukan harta sebagai tujuan, namun tetap harta juga diperlukan setelah menyelesaikan pendidikan, guna menghidupi kebutuhan. Pemahaman yang tepat dalam menyikapi harta dalam pendidikan bisa terlaksana dengan mendidik siswa untuk juga mempelajari Ilmu agama sebagai penolong di dunia dan akhirat. Pendidikan berkelanjutan yang baik merupakan teguran untuk tidak lalai dalam kehidupan di dunia, karena orientasinya adalah akhirat, senantiasa pendidikan dijadikan sarana dalam mencari penghidupan di dunia sebagaimana mencari harta, namun dalam proses menempuh pendidikan tidak boleh menganggap harta sebagai tujuan namun sebagai sarana mencapai tujuan pendidikan itu sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...