EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Loncat Abjad Bagi Anak Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar

Luthfia Sabrina (Universitas Negeri Padang)
Damri Damri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan peneliti di lapangan. Dimana peneliti menemukan masalah dua orang anak kesulitan belajar kelas II di SDN 31 Pasir Kandang yaitu saat proses pembelajaran berlangsung anak tidak konsentrasi dan tidak paham dengan materi yang diajarkan guru karena anak mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara peneliti dengan guru kelas bahwa guru mengatakan ke dua anak sulit untuk mengenal huruf dan tes yang diberikan kepada anak, ke dua anak tidak bisa membaca soal yang diberikan oleh peneliti. Dari hasil pengamatan, peneliti tertarik untuk mengajarkan anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan loncat abjad bagi anak kesulitan belajar di kelas II di SDN 31 Pasir Kandang. Subjek penelitian BT dan PM. Jenis penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen berbentuk Single Subject Reseach(SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan ke dua anak meningkat setelah menggunakan permainan loncat abjad pada anak kesulitan belajar. Dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan dari kondisi baseline A1, intervensi, dan baseline A2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...