EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar

Puspita Dewi (Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia)
A.F. Suryaning Ati MZ (Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia)
Ahmad Ipmawan Kharisma (Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Pengembangan media ular tangga berbasis digital dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah 4D dengan empat tahapan penelitian pengembangan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media permainan ular tangga digital layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi siklus air. Berdasarkan penilaian dari para ahli yaitu oleh ahli materi sebesar 89%, ahli media sebesar 78%, ahli desain sebesar 76%, dan  diperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 83, 25% dengan kategori “sangat valid”. Media ular tangga digital sangat praktis untuk digunakan pada siswa di Sekolah Dasar dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang telah dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga digital pada mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid dan terbukti praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran siswa di Sekolah Dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...