EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan

Salimatul Mardiah Laila (Universitas Negeri Padang)
Damri Damri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Artikel ini membahas permasalahan siswa  kelas II SLB Budi Karya tunagrahita ringan yang tidak dapat mengenal semua huruf abjad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan anak  mengenali huruf abjad pada anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan dengan media tiga dimensi di SLB Kelas II  Budi Karya, Kab.50 Kota. Jenis penelitian yakni penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A yang subjek penelitiannya anak lelaki tunagrahitan ringan kelas II SLB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan serta tindakan dengan analisis data visualisasi data secara grafis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penelitian dilaksanakan 14 pertemuan dan terbagi dalam 3 tahap yaitu tahap dasar (A1)  terdiri dari 4 kali pertemuan, tahap intervensi (B) meliputi 6 pertemuan serta fase dasar (A2) terdiri dari 4 kali pertemuan. Setelah penerapan media tgia dimensi sebagai intervensi dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad terlihat bahwa media tersebut berdampak positif dalam peningkatan kemampuan mengenal hurf abjad pada siswa tunagrahita ringan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...