EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Model Pembelajaran Kontekstual dan Pemahaman Konsep Matematika: Study Eksperimen Semu

Siti Rahayu (Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA, Indonesia)
Erni Kurniasih (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Ahmad Hudori (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Ali Yahya (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Ratih Kumala Sari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)
Ubay Nurbaeti (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Pemilihan strategi pendekatan pembelajaran yang tepat, sesuai dengan pelajaran dan tujuan pembelajaran, kemungkinan besar akan meningkatkan minat, perhatian, dan hasil belajar siswa, khususnya pada matematika selalu dianggap sebagai mata pelajaran dengan momok menakutkan. Oleh sebab itu, tujuan eksperimen semu ini diterapkan adalah agar mengenal nyata atau tidak nyata perbedaan concept understanding matematika antara strategi model pembelajaran kontekstual dengan strategi model pembelajaran konvensional. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel data terdapat dua kelas yang dibandingkan yang terdiri dari 40 siswa pada kelas kontrol dan 40 siswa pada kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari nilai pre-test dan post-test yang diperoleh dari kedua kelas. Kelas eksperimen mengimplementasikan model pembelajaran kontekstual, sedangkan kelas kontrol menerapkan pendekatan pembelajaran konvensional. Instrumen atau alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa esai sebanyak 10 soal. Uji-t adalah teknik analisis data yang digunakan, dan diperoleh thitung = 6,20 dan ttabel = 1,66 pada significance level 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 39) yang artinya thitung > ttabel (6,20 > 1,66). Jadi dapat disimpulkan adanya perbedaan pemahaman konsep matematika antara strategi pendekatan kontekstual dengan strategi pendekatan konvensional. Dengan demikian, penerapan strategi pendekatan kontekstual lebih besar pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan strategi pendekatan konvensional. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pendekatan kontekstual yang efektif untuk mendorong siswa belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...