JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 5, No 2 (2019)

ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF

Setyo Hartanto (Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung)
Dwi Ratna Sari (Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosentase kesulitan siswa serta faktor-faktor internal yang mempengaruhi dalam menyelesaikan soal ligkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Peneliti mengambil enam subjek untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kesulitan tertinggi yaitu pada tahap evaluasi dan kesulitan terendah yaitu pada tahap pemahaman dan penerapan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) prosentase rata-rata peserta didik yang mengalami kesulitan tahap pengetahuan yaitu 6,25%, tahap pemahaman 3,125%, tahap penerapan 3,125%, tahap analisis 12,5%, tahap sintesis 12,5% dan tahap penerapan 25%, 2) Faktor internal kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan lingkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif kelas VIII yaitu: kurangnya minat belajar, kurangnya perhatian peserta didik, daya ingat peserta didik yang rendah, keadaan fisik peserta didik, kurangnya rasa percaya diri peserta didik, keahlian menghitung peserta didik yang masih kurang, peserta didik tergesa-gesa dalam mengerjakan dan tidak meneliti kembali ketika jawaban akan dikumpulkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...