Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom tipe Problem Based Learning Flipped terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gondangdia 01 Pagi yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi yang ditetapkan yaitu SD Negeri di Kecamatan Menteng. Terdapat dua rombongan belajar, terpilih kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan secara otomatis kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Flipped Classroom tipe Problem Based Learning Flipped dan kelas kontrol menggunakan model Flipped Classroom tipe Traditional Flipped. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dengan rubrik skor rentang 0 – 4 pada setiap soal. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji T dengan rumus independent sample t-test. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan Uji T, diperoleh nilai thitung (3,002) > ttabel (1,706). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Flipped Classroom tipe Problem Based Learning Flipped terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV. Model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang disesuaikan dengan berbagai macam pelajaran dan pokok pembahasan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023