Dalam kemampuan menguasai pembelajaran matematika di sekolah dasar, sebagian besar siswa belum memahami materi pecahan dan masih kesulitan menyelesaikan soal pecahan. Siswa cenderung hanya fokus pada hasil akhir tanpa mengetahui proses penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain pembelajaran, desain pre-experimen dalam bentuk one grup pre-test post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji paired sample t-test. Uji paired sample t-test adalah pengujian untuk mengevaluasi perlakuan yang ditandai dengan perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil belajar matematika juga terlihat pada rata-rata kelas yang meningkat dari 57,7 (pretest) menjadi 68.7 (posttest). Nilai signifikan  0,000 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas tiga.
Copyrights © 2023