Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Pengaruh Metode Global terhadap Kemampuan Perbendaharaan Kata Siswa Tunarungu Kelas III SDLB

Yusak, Hilarion Iccha (Unknown)
Hidayat, Luqman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Tunarungu sering mengalami kesulitan besar dalam mempelajari Bahasa sehingga membutuhkan strategi pembelajaran bahasa yang sesuai. Salah satu strategi pembelajaran bahasa yang sesuai dengan karakteristik tunarungu adalah metode global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode global terhadap kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kelas III di SDLB. Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SDLB dengan seluruh subyek tunarungu kelas III yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang uji oleh ahli pendidikan luar biasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teknik analisis non parametrik, yaitu Wilcoxon signed rank test dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Z = -2,530 berada di bawah 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode global terhadap kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kelas III di SDLB

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...