Tunarungu sering mengalami kesulitan besar dalam mempelajari Bahasa sehingga membutuhkan strategi pembelajaran bahasa yang sesuai. Salah satu strategi pembelajaran bahasa yang sesuai dengan karakteristik tunarungu adalah metode global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode global terhadap kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kelas III di SDLB. Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SDLB dengan seluruh subyek tunarungu kelas III yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang uji oleh ahli pendidikan luar biasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teknik analisis non parametrik, yaitu Wilcoxon signed rank test dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Z = -2,530 berada di bawah 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode global terhadap kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kelas III di SDLB
Copyrights © 2023