Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang

Sumarni, Sumarni (Unknown)
Manurung, Alberth Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VI SDN 04 Kuala Tungkal menunjukan hasil belajar yang masih sangat rendah dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang dimana KKM pada mata pelajaran matematika adalah 70. Hal ini disebabkan oleh permasalahan pada pelaksanaan proses pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa dengan tidak menerapkan model pembelajaran yang mengikutsertakan siswa terlibat aktif  dalam proses pembelajaran (teacher center). Olehkarena itu peneliti memfokuskan melakukan penelitian pada upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI melalui penerapan model PJBL. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas model Mc Taggart dan Kemmis yang dimana peneliti melaksanakan tindakan prasiklus, siklus I, siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui soal test dan Teknik analisis data yang digunakan dari pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah ditunjukan pada hasil ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 48% dengan nilai rata-rata 61,9 dan siklus II sebesar 92% dengan nilai rata-rata 80,12. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan pada penerapan model PJBL (Project Based Learning) dalam mata pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang. Upaya penerapan model PJBL memberikan peningkatan hasil belajar matematika siswa diatas KKM mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...