Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023)

Media dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Anak Tunagrahita

Adiatama, Willy (Unknown)
Wardany, Ossy Firstanti (Unknown)
Utami, Ratna Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Tunagrahita memiliki masalah dalam menulis permulaan dan membutuhkan media dalam melatih menulis. Diperlukan media-media untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan menulis. Peneliti melakukan literature riview dari hasil-hasil penelitian sebelumnya dengan tujuan mengetahui media-media yang dapat membantu tunagrahita dalam mengembangkan keterampilan menulis permulaan. Pencarian dilakukan di Google Scholar dengan kriteria artikel hasil penelitian yang terbit di rentang waktu 2013-2023 dan terkait menulis permulaan pada tunagrahita. Hasil pencarian didapat 12 artikel yang memenuhi kriteria. Media yang terbukti efektif yakni clay tepung, papan pasir, Kartu kata bergambar, finger painting, VAKT dengan pasir, VAKT dengan kartu kata dan pasir, magic whiteboard ,buku huruf bergambar, kolase dan playdough. Keseluruhan media memberikan pengaruh dalam melatih menulis permulaan. Namun, media kartu hewan tidak memberikan dampak yang signifikan. Media yang dapat digunakan untuk meningkatkan menulis permulaan yakni media yang melatih motorik halus, serta media yang membantu memori siswa mengingat bentuk huruf. Selain media yang menarik, kebermaknaan media dan waktu intervensi juga penting dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...