JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING
Vol. 7 No. 1 (2023): Issues July 2023

Application of the Service Quality Method to Assess the Quality of Administrative Services at universities

Ali Ibrahim (Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya)
Karisa Anjani Fakhri (Universitas Sriwijaya)
Endang Lestari Ruskan (Universitas Sriwijaya)
Dedy Kurniawan (Universitas Sriwijaya)
Allsela Meiriza (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan dari pelayanan di perguruan tinggi adalah pelayanan administrasi. Perguruan tinggi sudah seharusnya dapat menjamin kepuasan mahasiswa yang merupakan pelanggan bagi perguruan tinggi, tidak hanya dalam proses belajar mengajar, namun juga mencakup dalam pelayanan administrasi. salah satunya di Universitas Sriwijaya. Begitu pula dengan Fakultas Ilmu Komputer sebagai bagian dari Universitas Sriwijaya yang bertanggung jawab atas pengelolaan bagian pelayanan administrasi khususnya pelayanan yang bersifat secara manual. Untuk mengukur bagaimana mahasiswa mempersepsikan kualitas layanan administrasi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, diperlukan penggunaan metode pengukuran yang tepat. Salah satu metode yang sering digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah metode Servqual (Service Quality). Metode ini terdiri dari lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu kehandalan (reliability), keyakinan/jaminan (assurance), empati (empathy), daya tanggap (responsiveness), dan bukti fisik (tangibles). Kelima dimensi ini digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan administrasi, sehingga diharapkan akan dapat diketahui apakah kinerja kualitas pelayanan administrasi telah sesuai dengan keinginan mahasiswa, faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan yang diberikan, dan faktor apa saja yang perlu mendapat perbaikan. Skor rata-rata persepi yang didapatkan sebesar 3,98 dan skor rata-rata harapan mahasiswa sebesar 4,47 sehingga didapatkan nilai kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan sebesar -0,49 yang menunjukkan bahwa pelanggan merasa belum puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh administrasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jite

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering) is a journal that contains articles / publications and research results of scientific work related to the field of science of Informatics Engineering such as Software Engineering, Database, Data Mining, ...