Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2021)

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV B SD NEGERI 2 BANGKUDU KABUPATEN BUTON UTARA

Fasaruddin Fasaruddin (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pkn Tema 7 Indahnya Keberagaman di di kelas IV B SD Negeri 2 Bangkudu melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe role reversal question. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan Evaluasi, (4) Refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Aktivitas Mengajar Guru pada siklus 1 pertemuan 1 terlaksana 61.84% dan pada pertemuan 2 terlaksana 71.05%. sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana 77.63% dan pada pertemua 2 terlaksana 86.84%. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 terlaksana 59.21% dan pada pertemuan 2 terlaksana 65.78%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana 76.31% dan pertemuan 2 terlaksana 84.21%. (3) Hasil Belajar Siswa pada siklus 1 terdapat 10 dari 19 siswa yang telah tuntas secara klasikal yaitu 53% dengan nilai rata-rata 71.05. sedangkan pada siklus II menunjukan bahwa 16 dari 19 siswa telah tuntas secara klasikal yaitu 85% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan data tersebut maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 2 Bangkudu Buton Utara dapat di tingkatkan melalui model pembelajaran active learning tipe role reversal question.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...