Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DI KELAS IV SDN BUAJANGKA

Nursam Nursam (Universitas Halu Oleo)
Yoo Eka Yana Kansil (Universitas Halu Oleo)
La Ode Kaimuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi KPK dan FPB di kelas 4 SD Negeri Buajangka tahun ajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buajangka yang terletak didesa Buajangka, Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas lV SDN Buajangka yang terdaftar aktif pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 8 orang siswa yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan dan guru kelas IV SDN Buajangka. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat: a) meningkatkan aktivitas mengajar guru, pada siklus I 75,83% meningkat menjadi 90,85% pada siklus II. b) meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I 68% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. c) meningkatkan hasil belajar Matemtaika pada materi KPK dan FPB. Hasil belajar pada siklus I persentase pencapaian ketuntasan sebesar 62,5% (5 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (7 siswa) dari jumlah keseluruhan 8 siswa, dengan demikian perbaikan dengan Model Problem Based Learning dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar mencapai tujuan yakni 75%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...