Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media powerpoint dan realia dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM) dan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) peserta didik pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) Pretest-Posttest Non Ekuivalen Multiple Group Design dengan metode purposive sampling. Hasi penelitian menunjukan PBL berbantu media powerpoint dapat meningkatkan KPM dan KBK peserta didik sebesar 43,890% dan 44,61% peningkatan ini ada pada kategori sedang. Sedangkan PBL berbantu media realia meningkatkan KPM sebesar sebesar 58,36% dan KBK 34,88% peningkatan ini berada dalam kategori tinggi dan sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan PBL berbantu media realia lebih baik dalam meningkatkan KPM peserta didik. Sedangkan PBL berbantu media powerpoint lebih baik dalam meingkatkan KBK peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021