Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry kelas IV SD Negeri 1 Andowia pada Indahnya Kebersamaan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Andowia. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 10 orang siswa yang telah mencapai nilai KKM ≥ 75 dengan ketuntasan sebesar 47,6%, dan terdapat 11 orang siswa atau 52,4% yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 70,59%. Pada Siklus II terdapat 19 siswa atau sebanyak 90,47% yang mencapai nilai KKM lebih dari 75 dengan nilai rata-rata 82,20 dan terdapat 2 orang siswa atau 9,53% yang tidak tuntas atau tidak mencapai nilai KKM. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 42%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah meningkat.
Copyrights © 2021