eProceedings of Management
Vol. 10 No. 5 (2023): Oktober 2023

Analisis Perilaku Keuangan Pada Pengguna Financial Technology Kripto Milenial Indonesia (Studi Kasus Pada Anggota Komunitas Radix DLT & Solana Indonesia)

Pradana, Ringas Agil (Unknown)
Iradianty, Aldilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Fintech kripto di Indonesia tumbuh pesat dan meningkat signifikan. Pemerintah mendukung dengan aturan yanglonggar terhadap layanan Fintech kripto, dan perpecahan di sektor perbankan di beberapa negara juga terjadi. Inimenunjukkan potensi penggantian industri perbankan oleh Fintech kripto. Untuk mencegah hal ini, industriperbankan Indonesia harus berinovasi dan berkolaborasi dengan mempertimbangkan temuan penelitian ini.Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi Fintech kripto di Indonesia.Jumlah sampel responden adalah 383 orang yang pernah melakukan jual beli kripto. Data dikumpulkan melaluikuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS dengan metode Principal Component Analysis (PCA) untukpembahasan dan kesimpulan. Berdasarkan Extraction Sums of Squared Loadings, terdapat 7 variasi faktor dengannilai masing-masing. Tabel "Initial Eigenvalues" menunjukkan 7 faktor yang terbentuk dari 21 komponen yangdianalisis. Faktor-faktor adopsi layanan Fintech kripto di Indonesia, terutama bagi anggota komunitas Radix DLTdan Solana Indonesia, meliputi sosiodemografi, kepercayaan, pengetahuan dan kepemilikan aset, persepsi harga,risiko, kebiasaan menabung, dan pendidikan.Kata Kunci-Adopsi Fintech Kripto, Millenials, Principal Component Analysis, Sosiodemografi, Penilaian Diri,Karakteristik Finansial

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...