cover
Contact Name
Ari Zulsafar
Contact Email
journals@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6282262130800
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung, Provinsi Jawa Barat, 40257
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
eProceedings of Management
Published by Universitas Telkom
ISSN : 23559357     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.34818/eoe
Core Subject : Economy, Science,
merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing terkait.
Articles 1,862 Documents
Pengaruh Perceived Credibility, Trust, Perceived Expertise, Dan Perceived Congruence Terhadap Purchase Intention Dengan Attitude Toward The Influencer Sebagai Mediator fandy, Akhmad Faizal Al; Dewi, Citra Kusuma
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini media sosial merupakan salah satu alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses siapa saja. Salahsatu cara promosi melalui media sosial adalah endorsement. Salah satu yang mempengaruhi faktor minat beli adalahpendapat seorang influencer terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh perceivedcredibility, trust, perceived expertise dan perceived congruence seorang influencer terhadap purchase intention denganattitude toward the influencer sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitiandeskriptif dan kausal. Tekhnik penentuan sample dalam penelitian ini non proability sampling dan metode yangdigunakan sampling purposive dan rumus bernoulli kepada sebanyak 100 responden followers media sosial TiaraPangestika. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner skala ordinal dan teknik analisis yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu PLS-SEM. Dari hasil data, didapati bahwa perceived credibility, trust, perceivedexpertise memiliki pengaruh positif signifikan kepada attitude toward the influencer, dan congruence tidak memilikipengaruh terhadap attitude toward the influencer. Attitude toward the influencer tidak memiliki pengaruh sebagaimediator antara perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence terhadap purchase intention.saran dari penelitian ini adalah perusahaan diharapkan untuk fokus pada pemasaran media sosial perusahaan serta lebihaktif untuk memasarkan produk mereka di media sosial. Serta menambahkan variasi produk.Kata Kunci-perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, attitude toward the influencer,purchase intention
The Influence Analysis Of Electronic Word Of Mouth On Purchase Intention Mediated By Brand Image On Lazada In Bandung City Nurlianti, Fitri; Millanyani, Heppy
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The development of technology every year has increased very rapidly, in this increasingly modern era, mostpeople in choosing or buying a product are influenced by technological sophistication. Over time, the businessworld is an example of this technological development, the emergence of online commerce or e-commerce.Lazada is an online store that is less popular than Shopee which are the most popular e-commerce platforms inIndonesia. Due to the large number of declines in Lazada, the problem to be discussed is Electronic Word ofMouth which affects Purchase Intention mediated by Brand Image. This study using quantitative approach withdescriptive analysis. The population are Lazada consumers in the city of Bandung. The sampling technique usedis non-probability sampling with a total 400 respondents and data collection in this study was carried out bydistributing online questionnaires via Google form, using a Likert scale. Data analysis used Structural EquationModel Partial Least Square (SEM-PLS) with SmartPLS 3.0 software. Based on the results of the study, theElectronic Word of Mouth variable influences Purchases Intention. Electronic Word of Mouth influences BrandImage. So it can be concluded that Electronic Word of Mouth has an influence on Purchase Intention throughBrand Image.Keywords-electronic word of mouth, purchase intention, brand image
Makna Maskulinitas Pada Iklan Ms Glow For Men (Analisis Semiotika Pada Iklan MS Glow Versi Semua Juga Bisa) Effendi, Akmal Makarim; Prasetio, Arie
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produk skincare yang di Indonesia tidak banyak menyediakan skincare untuk pria. Karena produk skincare diindonesia masih terbatas untuk kaum pria, ms glow for men menjangkau konsumen mereka dengan iklan. Namunms glow memberikan tayangan iklan yang berani tampil beda. Penelitian ini berfokus kepada representasimaskulinitas dari kaum pria di Indonesia yang ada dalam iklan Ms Glow for Men versi <Semua Juga Bisa= yangdiperankan oleh Babe Cabita dan Marshel Widianto, dan dianalisis menggunakan konsep dari Charles SandersPierce yang diklasifikasikan menjadi tiga yaitu tanda, objek, dan interpretan. penelitian ini bertujuan untukmengetahui makna <maskulinitas= melalui iklan MS Glow For Men versi <Semua Juga Bisa= yang diperankanoleh Babe Cabita dan Marshel Widianto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotikuntuk mengetahui representasi makna maskulinitas, dengan subjek penelitian yakni visual pada iklan MS Glowfor Men dan objek penelitian makna maskulinitas pada iklan MS Glow for Men. Hasil penelitian ini adalahMaskulinitas pada iklan MS Glow versi Semua Juga Bisa hadir dalam dua konsep maskulinitas yang ada, yakniyang pertama adalah maskulinitas klasik dan maskulinitas baru serta menjelaskan mengenai makna semua jugabisa yang artinya adalah pria juga dapat menggunakan skincare dari konsep maskulinitas klasik yang ada di tengahmasyarakat.Kata Kunci-Charles Sanders Peirce, iklan MS Glow For Men, representasi makna, semiotika
Pengaruh E-Service Quality Dan Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Mahasiswa Pengguna Link Aja Di Telkom University Pratama, Rizaldi Aditya; Artadita, Sherly
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi maupun internet yang sangat pesat akhir akhir ini telah mengubah sifatbertransaksi di masyarakat, salah satunya ialah penggunaan Dompet Digital (E-Wallet) sebagai wadahdalam bertransaksi secara online, alasan itu membuat semakin populernya dompet digital digunakan olehmasyarakat, Pada 2019 pemerintah Bersama BUMN merilis dompet digital LinkAja yang meupakan hasilkonsolidasi dari beberapa Bank BUMN. Namun, tingkat pengguna LinkAja masih jauh dari harapan jikadibandingkan dengan para pesaingnya, meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkanperforma dan kualitas layanan, LinkAja masih menduduki nomor 5 jika diukur menggunakan Surveyuntuk mengetahui Top Of Mind pada masyarakat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui danmenganalisis seberapa besar pengaruh dari variable kualitas layanan elektronik dan pengalamanpelanggan terhadap kepuasan pelanggan, Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Telkom UniversityBandung dan LinkAja merupakan satu instansi yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif metode pengambilan samplemenggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan metode Convenience Sampling dengan jumlahresponden 100 orang, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisisdeskriptif dana regresi linier berganda, Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa. oleh karena itu,diharapkan penelitian ini dapat menjadi saran untuk LinkAja sebagai perubahan.Kata Kunci-dompet digital, LinkAja, kualitas layanan elektronik, kepuasan pelanggan
Factors Influencing Gen-Z Consumer Loyalty Towards Mobile Service Provider (MSP) In Indonesia Khairulah, Yusuf Akbar; Rachmawati, Indira
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mobile Service Provider is a company that offers transmission services to users of wireless devices. As Gen Z is thegeneration that grew up and spent their lives assisted by technology, it has become a huge part of their lives as usersof mobile service providers. The aim / objectives of this study are to examine the attitudes and beliefs of the gen Ztowards MSP’s. The phenomena in this study were explored using quantitative methods. This research received 402responses. The variables used in this research are: Performance/Quality Value, Price/Value for Money, EmotionalValue, Relational Value, and Customization Value, Customer Satisfaction, Switching Cost, and AlternativeAttractiveness. This research uses the non-probability sampling method quota sampling. The results of this studyshows that perceived values do affect satisfaction positively, and also, from the research, it can be said that satisfactionand loyalty are mediated and moderated by and through both alternative attractiveness and switching cost. Thesuggestions for future research are to develop the research results found in this study so further research can becarried out, and if possible, add more factors which impact satisfaction and loyalty aside those used in this research.Keywords-customer satisfaction, customer loyalty, switching cost, alternative attractiveness, Gen Z.
Representasi Keluarga Harmonis Pada Iklan Ikea Versi Iswara, Raditya Tama; Nurfebiaraning, Sylvie
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IKEA merupakan salah satu brand furnitur ternama di dunia. Dalam perkembangannya mereka selalu melakukanserangkaian strategi dalam meningkatkan kualitas dan nilai brand agar bisa bertahan dan stabil ditengahpersaingan yang ketat di era sekarang ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan tujuanpenelitian untuk meneliti tanda, objek dan tafsiran agar mengetahui bagaimana keluarga yang harmonisdirepresentasikan dalam iklan IKEA versi < Bersama IKEA Maknai Setiap Momen= serta menggunakan metodekualitatif dengan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce melalui teknik pengumpulan data observasi dantinjauan literatur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subjek keluargaharmonis dan iklan IKEA versi < Bersama IKEA Maknai Setiap Momen= sebagai objeknya yang secara umummencitrakan bagaimana representasi keluarga yang harmonis antara orang tua dan anak. Hasil dari penelitian iniyaitu memang mempunyai pesan yang terkandung didalamnya mengenai suatu keluarga yang saling menghargai,saling memberikan rasa kasih sayang dan juga menciptakan momen atau waktu bersama. Selain menyelipkanproduk mereka namun mereka tetap tidak lupa dengan nilai-nilai moral tentang betapa bernilainya momenbersama keluarga sehingga dapat menciptakan suatu keluarga yang harmonis.Kata Kunci-representasi, semiotik, Charles Sanders Peirce, iklan, keluarga
Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Dan Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada Hotel Lingian Priyantoro, Alexius; Setyorini, Retno
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat yang diterapkan Hotel Lingian untukmenjamin keberlangsungan operasi bisnisnya. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis SWOT dan AHP,yaitu mengidentifikasi dan memprioritaskan faktor internal dan eksternal menggunakan AHP, yang kemudiandirumuskan menggunakan diagram kartesius, matriks internal dan eksternal, matriks SWOT. Posisi Hotel Lingianpada hasil Analisis Diagram Cartesius berada pada Sel 1 pada posisi pertumbuhan dan perkembangan, yaitu posisipersaingan yang kuat. Pada SWOT Matrix ada 4 alternatif grand strategi yang dapat digunakan oleh Hotel Lingian.Ke mbali dipilih beberapa alternatif strategi yang fokus pada strategi pemasaran yaitu Strategi SO yang memanfaatkankekuatan untuk mendapatkan peluang yaitu Strategi produk dengan membuat paket-paket yang menarik perhatiantamu untuk menginap dengan harga khusus dan fasilitas khusus. Pada Strategi WO yaitu mengatasi kelemahan denganmemanfaatkan peluang yang ada. Mengeluarkan varian paket promo sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhankonsumen. Untuk Strategi ST dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghindari ancaman dengan penyaluraninformasi tentang produk baru serta promo-promo yang berlaku harus selalu di update melalui media promosi baikpada media sosial maupun media lainnya. Strategi WT yaitu menciptakan strategi khusus untuk mendistribusikankampanye kepada konsumen.Kata Kunci-SWOT, IFAS, EFAS, AHP
The Influence Of Products Quality And Promotions On Purchase Decisions In Marketplace Shopee (Case Study: Students Telkom University) Mendrofa, Clara Forendza; Rachmawati, Indira
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine whether Product Quality (X1) and Promotion (X2) had an effect onPurchase Decisions (Y) on Telkom University Students. The phenomena in this study were explored usingquantitative methods. Researchers distributed questionnaires to Telkom University students with a total of 395respondents. Data analysis used descriptive analysis techniques, classical assumption test, and multipleregression analysis to answer the proposed hypothesis. The results showed that partially Product Quality (X1)and Promotion (X2) variables had a significant effect on purchasing decision making (Y) for Telkom Universitystudents in the Shopee Marketplace. The three variables of Product Quality (X1) and Promotion (X2) also have asignificant simultaneous effect on the Purchase Decision (Y) of Telkom University students in the ShopeeMarketplace.Keywords-products quality, promotion, and purchase decision
Uses & Gratifications Pada Kolektor Photocard K-Pop Dalam Pemanfaatan Media Sosial Twitter (Survei pada Followers akun @lapakdeobi) Adriani, Sekar Ningrum; Sugandi, Mohamad Syariar
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial Twitter kini tidak lagi digunakan penggunanya untuk sekedar bertukar informasi dan komunikasi.Seperti yang dilakukan oleh kolektor photocard K-Pop yang memanfaatkan media sosial Twitter sebagai wadahuntuk memenuhi kebutuhan aktivitasnya dalam mengoleksi photocard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiGS dan GO serta kesenjangan antara GS dan GO pada pengikut akun Twitter @lapakdeobi dalam pemanfaatanmedia sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification menurut pandangan Papacharissi &Rubin (2000). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan survei melalui penyebarankuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kolektor photocard K-Pop pengikut dari akun Twitter@lapakdeobi dengan sampel sebanyak 400 responden yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil pada penelitian ini motif (GS) tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,69. Sedangkanmotif terendah (GS) terdapat pada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,55. Kepuasan (GO)tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,70. Sedangkan kepuasan (GO) terendah terdapatpada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,69. Nilai selisih motif (GS) dan kepuasan (GO) secarakeseluruhan mengalami peningkatan dengan selisih motif terendah seeking information dan pass time dengan nilaiskor rata-rata 0,01. Sedangkan untuk selisih motif tertinggi terdapat pada motif entertainment dengan nilai skorrata-rata 0,19.Kata Kunci-uses and gratification, gratification sought, gratification obtained, Twitter, photocard, k-pop
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Sitio, Paskha Aprillia; Arwiyah, Muhammad Yahya
eProceedings of Management Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023
Publisher : eProceedings of Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan bagaimana caranya seorang pemimpinhingga dapat membawa kelompok kerja kearah keberhasilan yang maksimal. Kinerja karyawan dapat dipengaruhioleh gaya kepemimpinan yang dianut dan diterapkan oleh manajemen atau pemimpin. Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi besarnya pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Balai PrasaranaPermukiman Wilayah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisisdeskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive samplingdan dengan jumlah responden sebanyak 107 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner danstudi literatur. Hasil analisis deskriptif menyatakan bahwa Gaya Kepemimpinan Demokratis mencapai nilai sebesar79,9% dan termasuk dalam kategori baik. Kinerja mencapai nilai sebesar 80,5% termasuk dalam kategori baik.Pengaruh antara Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Balai Prasarana PermukimanWilayah Sumatera Utara mencapai nilai sebesar 77,7% dan sisanya 22,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditeliti pada penelitian ini.Kata Kunci-gaya kepemimpinan demokratis, kinerja pegawai, metode kuantitatif

Page 1 of 187 | Total Record : 1862