eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Brand Ambassador Boy Group BTS dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Pada Generasi Z di Kota Bandung

Fitria Aji Widya Visvasanti (Telkom University)
Tarandhika Tantra (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Saat ini, trend berbelanja online di e-commerce yang menjadi salah satu platform perdagangan online terbesardengan menjual berbagai kategori produk yang sangat diminati oleh masyarakat. Ditengah kehadiran e-commerce,maraknya artis yang menjadi brand ambassador dapat menciptakan reputasi perusahaan dan juga kepercayaankonsumen terhadap perusahaan yang dituju. Seperti hal nya Tokopedia yang menjadikan BTS yang dikenal sebagaiBoy Group terbesar asal Korea Selatan yang kini sangat digemari oleh Generasi Z menjadi brand ambassadorTokopedia. Diharapkan brand ambassador dan brand image ini mampu mempengaruhi dan meningkatkankeputusan pembelian di Tokopedia. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui seberapa besar pengaruhbrand ambassador terhadap brand image Tokopedia di Bandung untuk generasi Z, untuk mengetahui pengaruhbrand ambassador terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Bandung untuk generasi Z dan pengaruh brandimage pada keputusan pembelian Tokopedia pada generasi Z dikota Bandung. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kuantitatif. Data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Jumlah sampel terdiridari 385 responden, Pengolahan data ini menggunakan SPSS 25 dan SmartPLS 3.2.9. Penelitian ini menunjukkanbahwa terdapat pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bandungdan pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bandung. Namun,pengaruh antara Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Pada Generasi Z di Kota Bandungtidak ada.Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...