Industri musik di era digital ini mengalami perubahan semenjak masifnya pengguna layanan streaming online.Penelitian ini membahas mengenai bagaimana Omah Record mempublikasikan musik indie di era digital denganmenjalankan program dan konsep dari strategi hubungan masyarkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana implementasi strategi hubungan masyarakat di industri musik khususnya label musik indie Omah Record.Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus menurut Ibrahim menggunakan metodekualitatif dilakukan dengan kondisi nyata sesuai yang ada di lapangan dengan terus menggali informasi untukmenemukan jawaban atas suatu permasalahan. Melalui metode ini data yang diperoleh berupa kata-kata dan lisanyang ditulis oleh peneliti. Temuan yang didapat dari hasil penelitian ini serta wawancara, terdapat rangkaian strategihubungan masyarakat yang merupakan konsep dari Cutlip, Center dan Broom (1982) yaitu Defining the Problem,Planning and Programming, Taking Action and Communicating dan yang terakhir adalah Evaluating the Program.Omah Record menjalankan rangkaian kegiatan ini mulai dari membaca tren di masyarakat untuk mendapatkanpeluang, merencanakan dan memilih media yang digunakan untuk implementasi strategi, eksekusi strategi di mediadigital serta melakukan rilis musik di cafe, sampai melakukan evaluasi yang didapatkan dari feedback pendengardari setiap rangkaian kegiatan publikasi perilisan musik yang dilakukan.kata kunci-strategi public relations, publikasi industri musik, media digital
Copyrights © 2023