eProceedings of Management
Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023

Analisis Perbandingan Brand Equity Online Shopping Platform Tokopedia Dan Lazada

Muhammad Baariq Ahkbar (Telkom University)
Tarandhika Tantra (Telkom University)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah perilaku konsumen dengan memaksa pasar untuk melakukan Transformasi Digital.Pada situasi saat ini, E-Commerce memiliki peran penting dalam menjawab tantangan kebutuhan pasar. Pengguna ECommercedi Indonesia terus meningkat sejak 2017, bahkan Indonesia menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan 4negara Tiger Cub Economies lainnya. Platform E-Commerce dengan trafik tertinggi saat ini adalah Tokopedia yang jauhmelampaui trafik Lazada, namun berdasarkan penilaian Brand Equity dari Top Brand Index, Tokopedia dan Lazadahanya memiliki selisih sangat dekat dan sama-sama mengalami penurunan penilaian dari tahun sebelumnya. Maka dariitu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Brand Equity dari Tokopedia dan Lazada untukkemudian dianalisis keunggulan dan kelemahannya berdasarkan perspektif Brand Equity dari persepsi pasar diIndonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menyebarkan online kuesioner berupa Google Formkepada seluruh individu yang pernah menggunakan Tokopedia dan Lazada. Teknik analisis penelitian ini digunakan ujivaliditas, uji reliabilitas, analisis deskriptif dan uji mann whitney dengan bantuan aplikasi SPSS agar hasil analisis dapatlebih akurat.Kata Kunci-Brand Equity, E-Commerce, Transformasi Digital

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...