eProceedings of Management
Vol. 10 No. 4 (2023): Agustus 2023

Peran Persepsi Dan Kepribadian Terhadap Niat Beli Kendaraan Listrik Di Indonesia

Rahman, Gafin Nur (Unknown)
Sharif, Osa Omar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Kemajuan ekonomi yang sangat pesat mendorong semakin bertambahnya kebutuhan akan transportasi, hal inimenyebabkan perkembangan kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya. Kendaraan bermotordi Indonesia adalah faktor terbesar dalam peningkatan polusi udara di Indonesia. Upaya mengatasi masalahtersebut, pemerintah bersiap untuk memunculkan varian kendaraan baru untuk dijadikan pengganti Bahan BakarMinyak (BBM), yaitu kendaraan berbasis listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Persepsi danKepribadian terhadap Niat Beli Kendaraan Listrik di Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah metodekuantitatif menggunakan analisis yang bersifat deskriptif beserta teknik analisis Structural Equation Modelling(SEM) melalui software SmartPLS 3.2.9 Full Version. Penggunaan sampel ditetapkan berdasarkan teknik nonprobabilitysampling dengan pendekatan purposive sampling sebanyak 385 orang responden. Berdasarkan hasilpenelitian, dapat disimpulkan bahwa manfaat moneter, atribut simbolik, inovasi pribadi, dan kepedulian lingkunganberpengaruh terhadap niat beli kendaraan listrik di Indonesia. Inovasi pribadi juga berpengaruh terhadapniat beli secara tidak langsung dengan mempengaruhi manfaat moneter yang dirasakan.kata kunci-persepsi, kepribadian, niat beli, kendaraan listrik, structural equation model-partial least square

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...