DOKU merupakan layanan dompet digital pertama yang hadir di Indonesia pada tahun 2007 silam. Pada platform Play Store dan Apps Store terdapat 20.000 lebih review dari pengguna pada akhir bulan Juni 2022 yang berisi tidak sedikit pengguna memberikan kritik dan keluhan terhadap aplikasi DOKU terkait fitur yang belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna dan kurang nyamannya antarmuka pada aplikasi DOKU saat ini. Dengan temuan masalah tersebut maka perlu untuk mengetahui tingkat usability terhadap aplikasi DOKU, membuat desain rekomendasi antarmuka untuk aplikasi DOKU yang sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan evaluasi desain aplikasi DOKU, dan juga mengetahui tingkat usability desain rekomendasi dari aplikasi DOKU setelah dilakukannya perbaikan dengan menggunakan usability testing, kuesioner SUS, serta pendekatan proses desain dengan metode User Centered Design (UCD). Aspek yang menjadi dasar acuan dalam evaluasi usability pada aplikasi DOKU, yaitu learnability, efficiency, dan satisfaction. Pada pengujian pertama didapatkan nilai usability dari aplikasi DOKU pada aspek learnability sebesar 90% dan 74,16%, aspek efficiency sebesar 0,00779 Goals/Sec dan 0,00356 Goals/Sec, dan aspek satisfaction sebesar 38,5 dan 35. Setelah dihasilkan desain rekomendasi terhadap aplikasi DOKU, nilai usability menjadi lebih baik dengan aspek learnability sebesar 99% dan 98%, aspek efficiency sebesar 0,001101 Goals/Sec dan 0,00908 Goals/Sec, dan aspek satisfaction sebesar 84,5 dan 75.
Copyrights © 2023