Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah

Sarno Sarno (SDN Pagerjurang Ngawen Gunungkidul)
Rahmat Mulyono (SDN Pagerjurang Ngawen Gunungkidul, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolaah di SD Negeri PagerjurangTahun Pelajaran 2022/2023 .Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian yaitu guru kelas I, II, III, IV, V, VI dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, di SD Negeri Pagerjurang kapanewon Ngawen Tahun Pelajaran 2021/ 2023. Pengumpulan data melalui observasi kompetensi dan kinerja guru melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri Pagerjurang Tahun 2022/2023, dan penilaian hasil tindakan pembelajaran. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kompetensi dan kinerja guru melalui manajemen kepemimpinan kepala sekolah kapanewon Ngawen Tahun pelajaran 2022/ 2023 yang ditandai adanya peningkatan nilai yang didapat antara sebelum dikenai tindakan dan setelah dikenai tindakan. Nilai kompetensi dan kinerja guru melalui manajemen kepemimpinan kepala sekolah ada peningkatan. Sebelum dikenai tindakan nilai rerata kompetensi guru adalah 60 % nilai reratannya Setelah dikenai tindakan nilai kompetensi guru pada akhir siklus I mendapat nilai rerata 74,55 dan nilai rerata kinerja guru adalah 87,72 dengan kategori baik, dan pada akhir siklus II nilai kedisiplinan mendapat nilai rerata 74 ,74 dan nilai rerata kinerja guru adalah 88,60 dengan kategori Baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...