Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terutama setelah adanya wabah covid 19 dan guru yang sering menggunakan model ceramah, yang dianggap monoton dan kurang bervariasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti pada peserta didik Kelas VIIIA SMPN 2 Panggang, dengan menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dalam pembelajaran dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi pekerti di siklus I maupun siklus 2 meningkat. Ini dibuktikan pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus 1 meningkat sebesar 10(59.1 menjadi 69.1), siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 12.6 (69.1 menjadi 81.7). Disimpulkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian peneliti menyarankan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru dapat menjadikan model Discovery Learning sebagai salah satu alternatif dalam pelajaran PAK dan Budi Pekerti atau pun pada pelajaran yang lain sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan membuat peserta didik semakin termotivasi untuk belajar dan meningkat hasil belajarnya.
Copyrights © 2023