Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru) dalam memenangkan persaingan bisnis pada Myelin Kampung Inggris. Obyek dari penelitian ini yaitu Myelin KampungInggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis Kanvas Strategi dan Kerangka Kerja Empat Langkah teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti dalam mengidentifikasi Kanvas Strategi dan Kerangka Kerja Empat Langkah pada Myelin Kampung Inggris. Informan pada penelitian ini adalah owner, karyawan atau mentor, serta konsumen. Persaingan dalam faktor fasilitas. 2) Harga yang ditawarkan Myelin cukup variatif berdasarkan program, sehingga konsumen dapat memilih program mana yang ingin di ambil. 3) Promosi yang dilakukan Myelin cukup bagus sehingga mampu menjangkau konsumen diluar Pulau Jawa. Myelin menggencar promosi secara door to door ke sekolah, instansi, dan pondok pesantren, serta meninjau ulang sekolah mitranya agar terus tetap terhubung. 4) Program yang ditawarkan cukup variatif sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen seperti speaking, pronounciation, grammar, TOEFL, dan IELTS secara basic, intermediate, dan advanced. 2. Kerangka Kerja Empat Langkah 1) Menghapus faktor persaingan Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, tidak ada faktor yang perlu dihapuskan karena akan membuat kinerja bisnis tidak berjalan lancar dan bahkan dampaknya akan merugikan Myelin itu sendiri. 2) Mengurangi faktor persaingan Myelin tidak harus mengurangi faktor persaingannya karena jika dikurangi maka akan mengurangi kualitas kinerja Myelin dan masing-masing faktor persaingan sangat berperan penting dalam keberlangsungan Myelin. 3) Meningkatkan faktor persaingan dan 4) Menciptakan faktor persaingan. Kata Kunci : Strategi Samudra Biru, kanvas strategi, kerangka kerja empat langkah.
Copyrights © 2023