SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah

Riansyah, Mochamad Anwar (Unknown)
Fauziyah, Azizah (Unknown)
Kanita, Ghia Ghaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran mengenai strategi pemasaran (marketing mix) dan juga gambaran tentang keputusan konsumen di SMA Bina Dharma 1 Bandung, sebuah sekolah menengah atas swasta yang terletak di Kota Bandung dan telah meraih akreditasi A. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari strategi pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan konsumen dalam proses pemilihan sekolah di SMA Bina Dharma 1 Bandung. Sekolah ini berhasil mempertahankan eksistensinya dan berhasil bersaing di tengah persaingan dengan sekolah-sekolah lainnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui studi pendahuluan yang melibatkan observasi di sekolah, wawancara dengan staf sekolah, dan distribusi kuesioner kepada siswa sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari 83 siswa, dengan sampel sebanyak 46 siswa yang diambil menggunakan metode sampel purposive. Hasil dari gambaran umum penelitian menunjukkan bahwa baik gambaran dari Marketing mix maupun keputusan konsumen di SMA Bina Dharma 1 Bandung memiliki persentase yang cukup positif. Dari hasil analisis data yang meliputi penggunaan uji t dan regresi linear sederhana, ditemukan adanya pengaruh positif antara variabel Marketing mix dan keputusan konsumen sebesar 51%. Ini menunjukkan bahwa semakin efektif implementasi Marketing mix, semakin besar kemungkinan siswa akan memilih SMA Bina Dharma 1 Bandung sebagai pilihan sekolah. Namun, perlu dicatat bahwa terdapat faktor-faktor lain yang juga berperan dalam pengambilan keputusan siswa, namun faktor-faktor tersebut tidak diakomodasi dalam lingkup penelitian ini. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keputusan Konsumen, pendidikan, Bandung

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...