Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh branding, pemasaran digital yang menyebabkan kenaikan penjualan produk UKM dalam ruang lingkup community-based economic small enterprise (CBEs). Penelitian ini mengenai pemasaran digital dengan pendekatan Usaha Kecil Menegah (UKM) Berbasis Komunitas: Eksistensi UKM Di Kelurahan Batu Aji Batam Kepulauan Riau. Penerapan metode kuantitatif dalam penelitian dengan basis kumpulan data yang disebarkan kepada anggota UKM. Sampel yang didapatkan sebanyak 160 dengan teknik sampel jenuh dari keseluruhan jumlah UKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Batam yang berada di tujuh kecamatan, periode juli 2022 hingga agustus 2022. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan SEM (structural equation model) dengan pendekatan aplikasi smartpls. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh langsung yang ditimbulkan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Berikut hasil uji pengaruh langsung yaitu: (1) Branding tidak berpengaruh langsung terhadap penjualan produk UMKM. Hal ini terlihat dari nilai t statistik sebesar 0,821 yang lebih kecil dari nilai t = 196, dan nilai p value sebesar 0,412 lebih besar dari nilai taraf signifikansi 0,05. (2) Pemasaran Digital berpengaruh langsung terhadap penjualan produk UMKM. Hal ini dapat dilihat dari nilai t statistic sebesar 2,837 lebih besar dari nilai t = 1,96 dan nilai p value sebesar 0,005 lebih kecil dari taraf signfikansi 0,05. Kata Kunci: Branding, Community-based Economic Small Enterprise (CBES), Pemasaran Digital. Penjualan Produk
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023