geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol. 4 No. 1 (2023)

Pengaruh Model Spasial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan Geografi (PKLG)

Manek, Agustinus Hale (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Spasial Based Learning (SBL) merupakan model yang dapat membelajarkan mahasiswa mengenai fenomena geografi dipermukaan bumi. Model SBL mengarahkan peserta mahasiswa memahami fenomena geosfer dipermukaan bumi secara spasial, sehingga pembelajaran menjadi lebih kongkret dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SBL terhadap kemampuan berpikir spasial. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain pretest - posttes nonequivalent control group design. Perolehan data kemampuan berpikir spasial menggunakan soal uraian. Hasil perolehan data berpikir spasial berupa nilai gain score pada kelas eksperimen dan kontrol yang dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sampel t-test). Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Geografi yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for windows menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model SBL terhadap kemampuan berpikir Spasial Mahasiswa. Peningkatan kemampuan berpikir spasial merupakan konsekuensi pembelajaran melalui model SBL.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...