Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah

Suryadi Fajri (UIN Imam Bonjol Padang)
Nisa Ulaini (Universitas Negeri Padang)
Melia Susantri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan implementasi pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil menunjukan bahwa pada perencanaan kurikulum merdeka yang mencakup capaian pembelajaran, alur pembelajaran, tujuan alur pembelajaran yang terpadu dalam modul ajar. Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah terealisasi sesuai modul ajar dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti cooperatif learning, diskusi, ceramah dan penugasan. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran sejarah terdiri dari asessmen diagnostik, formatif dan sumatif. Terdapat problematika yang dialami guru dalam implementasinya seperti kesulitan dalam membuat modul ajar dan penilaian dan projek profil pelajar pancasila. Dapat disimpulkan implementasi kurikulum merdeka di SMA N 9 Kota Padang berjalan cukup baik meskipun terdapat permasalahan yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Evaluasi, Pelaksanaan, Perencanaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...