Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peningkatan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas III SD Negeri Randuacir 03 Salatiga. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Soal tes akhir pembelajaran diuji validitas dengan signifikansi < 0,05 dan uji realibilitas dengan kategori reliabel dengan koefiensi Crownbach’s Alpha 0,568. Penelitian dilakukan dua siklus dengan dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) model TGT dapat meningkatkan motivasi di kelas III berdasarkan hasil observasi motivasi belajar peserta didik dan aktivitas guru. Hasil observasi motivasi bela jar pra siklus, siklus I, siklus II sebesar 52,28%, 65,3%, dan 78,71%. Hasil observasi aktivitas guru pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 55,8%, 81,2%, dan 94,1%; (2) model TGT dapat meningkatkan hasil belajar didik kelas III sebesar 69% pada pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II sebesar 77%. Simpulan hasil penelitian menunjukkan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik kelas III.
Copyrights © 2023