Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana peranan profesionalisme guru agama dalam meningkatkan kualitas pengajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres Keong Desa Sano Nggoang Kecamatan Sano Nggoang Kebupaten Manggarai Barat. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengajaran dan pendidikan anak di SD Inpres Keong Desa Sano Nggoang Kecamatan Sano Nggoang Kebupaten Manggarai Barat. (3) Bagaimana upaya yang dilakukan para guru dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama Islam di SD Inpres Keong Desa Sano Nggoang Kecamatan Sano Nggoang Kebupaten Manggarai Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif , sumber data yang diperoleh dari manusia, tempat, kertas, lapangan. Sementara itu tekhnik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tekhnik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Profesionalisme guru agama dalam meningkatkan kualitas pengajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres Keong Desa Sano Nggoang baik dan memuaskan. (2) Factor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengajaran dan pendidikan anak di SD Inpres Keong Sano Nggoang antaralain faktor pendidikan guru agama, faktor pendidikan orang tua, faktor lingkungan dan faktor media massa (IPTEK). (3) Upaya yang dilakukan para guru dalam meningkatkan mutu guru PAI di SD Inpres Keong Sano Nggoang yaitu melakukan pembiasaan mengucapkan salam dan menjawab salam ketika bertemu bapak/ibu guru ketika keluar masuk kelas/sekolah, pembiasaan baca doa sebelum belajar, membaca ayat-ayat pendek serta melakukan praktek wudlu dan shalat berjamaah.
Copyrights © 2023