Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Dampak Dari Penghapusan Mata Pelajaran TIK Pada K-13 Dalam Kegiatan ANBK (Asismen Nasional Berbasis Komputer)

Jumainia Nur Saidah (Universitas Ahmad Dahlan)
Fitri Nur Mahmudah (Universitas Ahmad Dahlan)
Datuk Muhammad Nasaruddin E (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Kurikulum pendidikan K-13 yang saat ini kita terapkan memberikan kebijakan bahwa mata pelajaran Informatika tidak lagi menjadi mata pelajaran wajib, tetapi menjadi mata pelajaran pilihan dalam spesialisasi akademik. (Maresha Caroline Wijanto dkk., 2021) Kemajuan dalam teknologi tidak menjamin distribusi pendidikan yang sama, secara geografis tidak semua wilayah memiliki fasilitas yang memadai dan teknologi berkualitas. Saat ini penulis sedang melakukan penelitian di wilayah Kalimantan Timur, Kabupaten Berau, Kecamatan Tanjung Redeb. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumen dengan prosedur analisis data kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Secara rinci, penulis menemukan nilai rendah yang diperoleh oleh SMP Muhammadiyah Tanjung Redeb dalam kegiatan ANBK disebabkan oleh kurangnya partisipasi siswa dan guru dalam kegiatan ini, data administrasi sekolah yang tidak lengkap, dan kualitas guru yang tidak sesuai dengan kualifikasi. Oleh karena itu, sekolah ini harus melakukan remedial ANBK untuk melengkapi peserta dan data terbaru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...