Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Sains dan Teknologi

PENGARUH SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ( STUDI ANALISIS SMKN 40 JAKARTA )

Afifah, Intan (Unknown)
Kunaenih, Kunaenih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan selama peserta didik berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah : Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, dan Nyaman, serta untuk meminimalisirkan terjadinya diskriminasi, dan membantu terciptanya proses pembelajaran yang jauh lebih nyaman untuk peserta didik. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa, sehingga menimbulkan hasrat, keinginan, semangat dan kegairahan dalam kegiatan belajar demi mencapai suatu tujuan. Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan yang muncul secara sadar maupun tidak sadar dalam diri siswa pada saat kegiatan belajar secara terus menerus untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sehingga terjadi perubahan tingkah laku. Oleh sebab itu lingkungan sekolah amat mempengaruhi motivasi belajar siswa, sehingga terciptalah program sekolah ramah anak. Tujuan penelitan ini adalah: a. Untuk menganalisa pengaruh proses pembelajaran sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar siswa, b. Untuk mengukur seberapa Pengaruh lingkungan sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar siswa, c. Untuk mengetahui kendala dalam lingkungan sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, deskriptif analitik korelasional yaitu suatu penelitian untuk mengumpulkan data secara rinci serta menganilisa antar kedua variabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan analisis yang telah dilakukan besarnya Pengaruh Pembelajaran Daring (Variabel X) Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Variabel Y) tergolong Sedang atau Cukup dengan angka 0,428 atau 43%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya ro dengan rt seperti yang telah diketahui bahwa ro yang penelit peroleh sebesar 0,428 sedangkan  rt taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,267 dan taraf signifikan 1% yaitu sebesar 0,326. Maka dari hasil analisis tersebut terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik di SMKN 40 Jakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics Social Sciences

Description

SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) adalah jurnal peer reviewed dan Open-Access. SAINTEK merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) STMIK Pelita Nusantara. SAINTEK mengundang para peneliti, dosen, dan praktisi di seluruh dunia untuk bertukar dan memajukan ...