Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep pendidikan Abdul Fattah Abu Ghuddah kitab Ar-Rasulul Mu’allim dan kendala apa saja dalam penerapan konsep pendidikan di SMA 1 Muhammadiyah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SMA 1 Muhammadiyah Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan menggunakan teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga komponen data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA 1 Muhammadiyah Sukoharjo sudah menerapkan konsep pendidikan Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam kitab Ar-Rasulul Mu’allim yaitu konsep pendidikan Holistik memadukan aspek fisik, mental, spiritual, dan emosional, menerapkan kompetensi dan Metode yang ada pada Kitab Ar-Rasulul Mu’allim.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023