Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian untuk mengukur tinggi/rendahnya minat belajar matematika siswa, dimana butir-butir instrumennya disusun dengan menggunakan skala Likert. Penelitian dilakukan di Jakarta Selatan, kecamatan Pesanggrahan, kelurahan Ulujami. Responden dalam penelitian ini adalah 30 siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama yang bertempat tinggal di sekitar lokasi penelitian ini dilakukan, yang terpilih melalui penggunaan teknik simple random sampling (teknik pengambilan sampel acak sederhana). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) atau metode penelitian pengembangan. Data yang terjaring dari hasil mengujicobakan instrumen pada responden penelitian, diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS untuk dilakukan pengujian validitas butir-butir pertanyaan/pernyataan instrumen dan pengujian reliabilitas instrumen. Dari pengujian ini, diperoleh hasil: (1) 20 butir pertanyaan/pernyataan instrumen yang valid dari 30 butir pertanyaan/pernyataan instrumen yang diujicobakan; (2) Nilai koefisien reliabilitas alpha Cronbach sebesar 0,863 menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023