Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang

Sausan Salsabila RA (Universitas Negeri Padang)
Nofrion Nofrion (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva terhadap hasil belajar geografi di SMA S Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe quasy experimental. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal multiple choice. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, metode tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan t-test diperoleh nilai yang signifikansi 0,000 > 0,05 dan Thitung > Ttabel yaitu 5,313 > 1,675 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji hipotesis menggunakan uji N Gain dari hasil nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol didapatkan sebesar 44,55% termasuk kriteria kurang efektif dan kelas eksperimen 64,90% termasuk kriteria cukup efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Case Based Learning (CBL) berbantuan Canva terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...