Proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa dan menyesuaikan diri dengan lingkungan akademis yang baru dapat memberikan tantangan besar bagi mahasiswa tahun pertama. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kecemasan komunikasi yang dialamai oleh mahasiswa dan menyelidiki berbagai elemen yang berkontribusi terhadap kecemasan ini. Penulis mengumpulkan data dari 106 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di sebuah universitas di Indonesia. Untuk mencapai tujuan penelitian, pendekatan dengan metode campuran digunakan. Setelah menganalisis data kuantitatif dengan Personal Report of Communication Apprehension (PRCA-24) milik McCroskey, wawancara kualitatif dilakukan untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai pengalaman kecemasan komunikasi mahasiswa. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa tahun pertama Ilmu Komunikasi menunjukkan tingkat kecemasan komunikasi sedang. Dengan kepribadian individu dan ketakutan terhadap reaksi orang lain ditemukan sebagai faktor utama tingginya tingkat kecemasan komunikasi. Dalam konteks kecemasan komunikasi mahasiswa, diakui secara luas bahwa pengalaman individu dan pengaruh lingkungan sekitar merupakan faktor yang berkontribusi secara signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023