Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam bidang fonologi oleh siswa di kelas IV SDN Poncogati 1 Bondowoso dan bagaimana teknologi pendidikan bisa diintegrasikan untuk mendeteksi serta mengatasi masalah ini. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan bahasa yang baik dan benar di lingkungan sekolah, serta potensi teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yang diperluas dengan penggunaan teknologi berupa aplikasi edukasi dan perangkat lunak analisis fonologi. Teknik simak dan catat digunakan untuk mengkaji kesalahan berbahasa dalam proses diskusi kelas dan lembar kerja peserta didik. Selain itu, aplikasi edukasi digunakan sebagai alat bantu untuk mendeteksi kesalahan fonologi dan memberikan umpan balik secara real-time kepada peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan fonologis yang paling umum adalah kesalahan pelafalan karena perubahan bunyi dan penghilangan bunyi. Teknologi pendidikan yang diintegrasikan dalam penelitian ini terbukti efektif dalam membantu identifikasi dan remediasi kesalahan fonologis.
Copyrights © 2023